(Umroh Jogja, Umrah Jogja) Cornice – Kota Balad berada di pusat kota Jeddah. Pada zaman dahulu, Kota Balad dijadikan kawasan lalu lintas perdagangan oleh Bangsa Yaman dan Eropa. Saat ini, Balad dijadikan kawasan perdagangan oleh seluruh penduduk maupun pendatang yang berada di Jeddah. Disini pusat jual beli banyak berlangsung dan tidak pernah sepi pengunjung. Banyak jama’ah umroh atau haji mampir sebelum pulang ke tanah air untuk berbelanja oleh – oleh.

Selama ini, mungkin jamaah haji dan umrah hanya familiar dengan pusat perbelanjaan Balad. Nama tempat ini sebenarnya Corniche Commercial Center (Cornice). Bangunannya kebanyakan sudah terlihat tua dan model kios-kiosnya mirip dengan pusat perbelanjaan ITC di Jakarta. Jadi wajar saja jika tak banyak yang tahu wajah lain pusat perbelanjaan di kota tempat berkumpulnya pendatang di Arab Saudi ini.

Memang jamaah Indonesia sangat terkenal mempunyai hobby berbelanja. Mereka tidak hanya menghabiskan riyal di Makkah dan Madinah bahkan di kota Jeddah juga. Apabila anda memang ingin mencari barang yang murah dengan kualitas produk yang bagus, sebaiknya tahan nafsu belanja anda ketika sedang berada di Makkah dan Madinah karena di Cornice – balad ini, tepat nya di tempat belanja yang terkenal itu adalah Corniche Commercial Center dan sekitarnya tidak kalah dengan tempat belanja di makkah dan madinah.

Kalau ke daerah Balad ini, memang akan sering sekali berpapasan dengan orang Indonesia. Dan jangan heran apabila para penjual disini rata-rata sangat fasih sekali berbahasa Indonesia biarpun asalnya bukan dari Indonesia. Mungkin karena saking sering nya jamah dari Indonesia yang sangat gemar berbelanja.

Jadi anda tidak perlu pusing-pusing nyari kosa kata English apalagi Arab. Bila ada pelayan atau pemilik toko yang tidak mengerti bahasa Indonesia, mereka biasanya memakai kalkulator untuk menerjemahkan harga yang mereka sepakati.

Toko-tokonya pun kebanyakan memakai nama-nama yang provokatif sepertinya contohnya: “Toko Ali Murah”,  Toko Ali Murah ini bisa disebut sebagai toko pusat oleh-oleh umrah dan haji. Dulu lokasinya jauh di belakang pasar Kota Balad, letaknya tidak begitu strategis tetapi tetap banyak yang mencari toko tersebut,  baik dari kalangan artis maupun crew kabin. Tapi sekarang toko Ali Murah dapat dijumpai dengan mudah dengan tulisan besar didepan tokonya yang bisa terbaca jelas dari jalan besar.

Dan ternyata di belakang toko-toko yang murah-murah tersebut masih banyak sekali toko-toko yang lainnya, tidak cukup seharianpun thawaf di Balad sana. Ada sudut yang mirip Blok M Pasar Baru yang ada di Jakarta Pusat sana, toko-toko dengan ornamen kota jaman tempo dulu. Beberapa orang juga mengasosiasikan dengan Tanah Abang, tapi kalau pusat perbelanjaan di Balad ini lebih nyaman dan tidak terlalu banyak kerusuhan.

Selain Balad, pusat belanja murah juga ada di kawasan Haraj Al-Sawarikh, sebuah los pasar panjang yang menjual aneka barang baru dan bekas. Karpet, lampu kristal, barang pecah belah, kosmetik, barang elektronik, dan suvenir banyak sekali dijual di kawasan ini. Jika pandai menawar dan memilih, pengunjung bisa mendapatkan barang bagus dengan harga yang murah di sini.

Sementara di Tahlia Street, yang berada di tengah Kota Jeddah, pengunjung umrah dan haji bisa berbelanja di pusat perbelanjaan dan butik yang menjual produk-produk fashion ternama dunia seperti Prada, Gucci, dan Giorgio Armani. Harganya tentu ratusan hingga ribuan riyal per item. Bahkan warga Indonesia yang sudah lama menetap di sana mengatakan, kalau ingin menghabiskan gaji sebulan dalam hitungan menit, silahkan mampir ke Tahlia Street.

Tidak hanya ada tempat berbelanja saja disini, tetapi ada banyak juga yang berjualan makanan disekitar kawasan Balad ini. Dan apabila kalian rindu masakan Indonesi, di Balad ini banyak sekali gerai makanan yang menjual masakan khas Indonesi.

Demikian artikel tentang Cornica Balad ini kami sampaikan, semoga menjadi informasi yang berguna bagi para calon jamaah umroh & haji di Indonesia.

WhatsApp Hubungi Kami | 081328272777