Bangunan yang sering dikira masjid Al-Aqsa ini ternyata bernama dome of the rock ( Kubah Shakhrah / Qubbah As-Sakhrah ). Sebagian besar penduduk asli memang sudah mengetahuinya, namun para wisatawan maupun turis-turis yang mengunjungi masjid ini pasti kebanyakan belum tahu, berikut adalah sejarahnya: Kubah Batu atau yang sering disebut sebagai Qubbat As-Sakhrah tersebut dibangun pada masa Umayyah, sekitar tahun 691 dan 715 Masehi.

Yang menarik dan istimewa di sana adalah terdapat batu yang sering dipercaya menjadi tempat pijakan Nabi Muhammad dalam perjalanan Isra Mi’raj kala itu. Selain itu, bagi umat Yahudi juga batu ini disebut sebagai tempat Nabi Ibrahim menyembelih anaknya, yaitu Ishak, kita semua pasti tau cerita nabi ibrahim yang mendapat wahyu untuk menyembelih anaknya sendiri. Diyakini pula tempat tersebut sebagai tempat dimana lahir nya Nabi Daud.

Dome of The Rock berbentuk oktagonal atau persegi delapan. Struktur bangunan mengambil tradisi arsitektur khas Bizantium pada abad ke-7. Tahapan pembangunan sekaligus menunjukkan gaya arsitektur yang berbeda untuk pembangunan masjid. Itu juga salah satu keunikan yang dimiliki pada masjid tersebut.

Kubah batu tersebut memiliki diameter sekitar 20 meter. Di bawah kubah nya, juga terdapat batu yang diyakini sebagai pijakan Nabi Muhammad ketika perjalanan Isra Mi’raj. Batu tersebut akhirnya dilindungi oleh pagar dan terdapat tangga yang mengarah ke gua, yang berada di bawah permukaan batu tersebut.

Gua tersebut juga dikenal dengan sebutan ‘’The Well of Souls’’. Banyak pula orang yang meyakini di tempat ini para roh orang-orang yang sudah meninggal dunia berkumpul untuk menunggu hari kiamat tiba. Mitos tersebut berkembang sangat pesat di masyarakat dan hampir semua wisatawan yang habis mengunjungi tempat tersebut mengetahuinya.

Di bagian interior nya juga dan eksterior Dome of The Rock dihiasi marmer, mosaik, dan plakat logam yang susun begitu indah. Dan juga terdapat pula kaligrafi di sepanjang sisinya. Kemudian pada masa kepemimpinan Ottoman, Dome of The Rock dipercantik lagi, Kubahnya dilapisi emas serta langit-langit segi delapan juga ditutupi dengan ukiran kayu Ottoman yang membuat para wisatawan yang mengunjunginya pun menjadi terpesona melihat keindahan masjid tersebut.

Belum lagi bentuk kubah yang menawan menjadikan Dome The Rock sebagai pelopor penggunaan kubah berbentuk setengah bola. Selain itu, Dome of The Rock menjadi salah satu bangunan dengan kubah terindah di dunia.

KunjungiDome of the Rock bersama Madinah Iman Wisata Jakarta dalam Paket Umroh Plus Aqsa

WhatsApp Hubungi Kami | 081328272777