Madinah Iman Wisata Umroh Jogja

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Apa kabar akhi dan ukhti yang sholeh dan sholehah? Semoga semua dalam keadaan sehat dan selalu mendapat perlindungan Allah swt.

Pada kesempatan kali ini, Madinah Iman Wisata sebagai Umroh terperjaya di Jogja akan membahas mengenai barang-barang penting yang perlu dibawa ketika anda hendak berangkat umroh, juga beberapa barang yang tidak perlu dibawa. Tulisan ini juga berdasarkan pengalaman kami sebagai biro umroh yang melayani umroh Jogja, sehingga Insya Allah memang sudah teruji kegunaannya. Bismillahirrahmanirrahim semoga bermanfaat:

  • Dokumen Penting (visa umroh, passport, identitas dari travel, kartu atm/kartu kredit)

Para Jamaah Umroh Jogja, Dokumen merupakan barang yang paling penting karena menyangkut akan diterima/tidaknya kita pada suatu negara. Biasanya dalam beberapa tipe penerbangan, dibutuhkan transit di negara tertentu. Kami sarankan untuk dokumen selalu diletakkan di tas kecil yang dibawa oleh badan, dan pastikan selalu diletakkan di tempat yang sama (misal: di bagian laci depan). Kami juga sarankan untuk menaruh passport, dan dokumen penting lain di passport holder, agar tidak tercecer, dan jika dikumpulkan ke tour leader/muthowwif terdapat penanda passport kita. Berikut kami cantumkan contoh passport holder:

passport madinah iman wisata umroh jogja

(sumber gambar: https://www.jd.id/product/miniso-cover-paspor-biru-tua_50100460/500232017.html)

  • Buku Panduan umroh dari travel

Buku panduan umroh ini juga sebaiknya diletakkan di tas kecil/tas selempang agar dapat dibaca sewaktu-waktu, missal ketika penerbangan atau menunggu waktu di bandara. Selain itu juga ketika berada di tanah suci, buku ini sebaiknya selalu di bawa dan diletakkan di tas kecil.

  • Tas, dari travel kami menyediakan tas koper, tas jinjing, tas kecil (pinggang/selempang), dan tas tottebag untuk sepatu

  • Dompet panjang, Sedikit uang real

Para Jamaah Umroh Jogja, Kami sarankan agar para jamaah mebawa sedikit saja uang real dari Indonesia. Sisanya dapat membawa rupiah untuk ditukarkan di money changer di Madinah/mekkah.

Namun, jika anda tidak mau ribet, anda juga dapat menukarknnya langsung di money changer Indonesia. Menurut pengalaman, selisih kurs-nya memang ada, namun tidak terlalu banyak kok.

  • Gamis bagi wanita (disarankan berwarna gelap dan putih), Baju Koko/Batik untuk Pria

Para Jamaah Umroh Jogja, Kami sarankan bagi para akhwat untuk membawa gamis saja, tidak usah membawa pakaian terpisah (baju dan rok), karena lebih simpel dan praktis. Warna gamis, jika ada, kami sarankan menggunakan warna gelap (jika bisa hitam) karena orang arab biasanya memakai warna gamis hitam, dan warna putih (digunakan untuk melakukan ibadah umroh). Namun jika anda memiliki gaun yang berwarna lain juga dipersilahkan untuk membawanya.

  • Sarung bagi Pria

  • Baju ganti untuk tidur

Para Jamaah Umroh Jogja jangan lupa unutk membawa baju ganti secukupnya saja dan kalau bisa yang tipis, karena anda akan jarang beraktivitas di dalam hotel.

  • Kain Ihram 1 set bagi pria

Hal ini jangan sampai terlupa ya, jika perlu diletakkan secara terpisah dan dibungkus dengan plastik/wadah khusus untuk mudah mecarinya.

  • Jilbab langsungan (bergo)

Untuk kemudahan dan kepraktisan, bagi para akhwat, kami sarankan membawa dan mengenakan jilbab langsungan/bergo saja. Jangan lupa yang panjang dan menutup dada ya ukh.

  • Mukena 1 saja, sajadah tipis

Anda akan sangat jarang menggunakan mukena, karena biasanya lebih praktis menggunakan gamis untuk sholat. Namun untuk cadangan sholat di hotel, silahkan bawa mukena 1 saja. Travel sudah menyediakan mukena untuk para jamaahnya.

  • Baju dan Jilbab Seragam dari Travel

  • Jaket 1 saja (lihat kondisi musimnya)

Para Jamaah Umroh Jogja, Sebelum berangkat, pastikan untuk cek cuaca di bulan anda akan melakukan umroh. Jika cuaca sedang dingin, makan bawalah jaket atau baju tebal 1 saja. Biasanya akan anda butuhkan untuk perjalanan ke masjid pada saat akan sholat qiyamul lail atau sholat subuh.

  • Kaos Kaki

Kaos kaki sangat dibutuhkan, terutama bagi akhwat. Bawa persediaan yang banyak (disesuaikan dengan kebutuhan anda) jika anda tidak ingin mencuci ketika di tanah suci.

  • Legging bagi akhwat

  • Gunting kecil

Para Jamaah Umroh Jogja, Untuk keperluan tahalul (memotong rambut) setelah selesai melakukan rangkaian ibadah umroh.

  • Cukuran rambut (bagi akhwat dapat menggunakan gillete khusus wanita)

Sunnah sebelum melakukan ibadah umroh adalah membersihkan rambut pada ketiak dan pada area kewanitaan (bagi akhwat). Khusus bagi akhwat, kami sarankan menggunakan gillete khusus wanita seperti berikut:

passport madinah iman wisata umroh jogja 2

  • Potongan kuku

Untuk memotong kuku, sebagai Sunnah sebelum melakukan ibadah umroh.

  • Penutup tangan (khusus akhwat)

Para Jamaah Umroh Jogja, Barang ini sangat berguna jika baju atau gamis anda kurang menutup area tangan ketika anda hendak sholat. Jika digunakan ketika melakukan ibadah umroh. Saran kami, bawalah dua pasang untuk menghindari kotor. Berikut kami cantumkan contoh penutup tangan yang dimaksud:

passport madinah iman wisata umroh jogja 3

(sumber gambar: https://www.tokopedia.com/kimono-batik/kaos-tangan-hajisarung-tangan-hajiperlengkapan-haji-dan-umroh)

  • Alas kaki (1 sandal jepit dan 1 alas kaki tertutup berbentuk selop)

  • Obat-obatan (antimo, tolak angin, obat batuk, obat flu dan panas, vitamin c, madu, dan obat lain sesuai kebutuhan)

  • Perlatan mandi dan kosmetik sesuai kebutuhan

Pastikan kosmetik atau skincare akan lebih mudah jika diletakkan di tas jinjing yang akan ditaruh di kabin pesawat saat penerbangan. Oleh karena itu, kami sarankan agar barang-barang yang berupa cairan/aerosol/lotion tidak meleibihi 100ml. Jika melebihi dan anda harus membawanya, maka letakkan pada koper anda saja.

Hal ini tidak berlaku untuk cairan minyak ya. Berdasar pengalaman, jika anda membeli minyak zaitun sepulang dari umroh dan melebihi 100ml, anda tetap diperbolehkan membawanya di dalam kabin.

  • Handphone

Para Jamaah Umroh Jogja, Berdasar pengalaman, anda dapat membeli paket umroh yang ditawarkan dari provider di Indonesia saja. Karena jika membeli paket di Madinah/Mekkah cukup ribet, memakan waktu untuk mencari gerai/took yang menjual paket internet, dan lebih mahal (ini berdasarkan pengalaman kami saja ya, silahkan sesuaikan dengan preferensi masing-masing).

  • Tidak perlu membawa Al Qur’an

Hal ini dikarenakan sudah disediakan di Masjid Nabawi maupun Masjid Al Haram, jika anda ingin mengaji selama perjalanan/di hotel, cukup install aplikasi Muslim Pro pada handphone anda.

Namun jika anda ingin tetap membawanya kami persilahkan. Hal ini kami sarankan agar lebih menghemat barang bawaan saja.

  • Tidak perlu membawa kamera dslr/mirrorless

Pada bebrapa spot/area dilarang menggunakan kamera dan menurut kami, membawa kamera cukup membuat berat barang bawaan. Sehingga kami sarankan, jika ingin memfoto menggunakan kamera pocket/handphone saja agar lebih praktis.

  • Makanan secukupnya (snack, botol minum kosong, popmie)

  • Kacamata Hitam (sunglasses)

  • Masker penutup muka

 

KONTAK KAMI

Jl Kebon Agung 168, Sendanghadi, Mlati, Sleman DI Yogyakarta

BUKA : SENIN-SABTU 08.00-16.00 CALL CENTER : (0274) 2772656 CS 1 : 0813-28-2727-77

WhatsApp Hubungi Kami | 081328272777